wisata purbalingga

Wisata bukan sekadar perjalanan fisik, tetapi juga sebuah perjalanan jiwa yang membangkitkan rasa ingin tahu dan kekaguman terhadap keajaiban alam, sejarah, dan budaya yang melingkupi bumi ini. Bersama-sama, kita akan menjelajahi destinasi yang mempesona, menelusuri lorong-lorong sejarah yang kaya, dan merasakan keberagaman budaya yang memikat.

Dalam setiap langkah perjalanan ini, kita akan menemukan bahwa setiap tempat memiliki keunikan dan daya tariknya sendiri. Dari gunung yang menjulang tinggi hingga pantai yang memukau, dari reruntuhan sejarah yang menceritakan kisah masa lalu hingga pusat kreativitas modern, dunia wisata memberikan kita peluang untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kehidupan dan keberagaman manusia.

sumber:salsawisata.com

7 Wisata Purbalingga yang Wajib Dikunjungi, Asyik untuk Plesiran Bersama Keluarga

Purbalingga tidak hanya terkenal sebagai Kota Knalpot, kota ini juga punya banyak tempat wisata seru yang wajib Anda kunjungi. Pilihannya pun beragam mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi rekreasi semua ada.

Berbagai tempat wisata di Purbalingga tersebut sangat cocok menjadi alternatif destinasi wisata Anda. Berikut 18 rekomendasi objek wisata yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Purbalingga.

Daftar Tempat Wisata di Purbalingga Populer

1.Owabong Water Park Purbalingga

sumber:salsa.com

Warga Purbalingga dan sekitarnya tentu sudah sangat mengenal Objek Wisata Air Bojongsari atau Owabong Waterpark. Tempat wisata air di Purbalingga ini menawarkan berbagai wahana permainan seru untuk Anda rekreasi bersama keluarga seperti di transera Waterpark.

Di sini Anda bisa mencoba kolam ombak atau seluncuran air panjang yang pasti seru dan menantang. Terdapat pula kolam busa dan waterboom mini untuk anak-anak yang ingin puas bermain air.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan wahana kering seperti go-kart atau zipline coaster yang wajib Anda coba. Semua keseruan di waterpark ini bisa Anda nikmati dengan biaya sekitar Rp25.000,00 hingga Rp35.000,00 saja.

Untuk lokasinya sendiri, Owabong Waterpark beralamat di Jl. Raya Owabong No.1, Bojongsari, Kabupaten Purbalingga. Anda bisa berkunjung setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

2.Taman Bunga Kutabawa

sumber:www.idntimes.com

Destinasi wisata yang satu ini berada di Daerah Pejagan, Kutabawa, Karangreja, Purbalingga. Taman yang satu ini menawarkan daya tarik utama yang berbentuk area taman bunga yang sudah ditata sedemikian rupa sehingga tampak bagus dan eksotis. Selain itu, pengelola taman juga sudah menyediakan berbagai tempat foto yang kekinian dan instagramable.  Meskipun tidak terlalu luas, tapi taman bunga yang satu ini sudah dilengkapi dengan taman kelinci. Bila kamu menyukai hewan ini, maka bisa datang hanya untuk sekadar melihat-;lihat dan berfoto sambil memberikan makan kawanan kelinci yang ada di sana. Taman bunga ini dibuka untuk umum setiap hari mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Sementara untuk tiket masuknya cukup membayar Rp10 ribu per orang.

baca juga: tempat wisata di Malang

3.Situ Tirta Marta Desa Karangcegak

sumber:www.tokopedia.com

Pemandian ini menyajikan sumber air alami dan bening hingga ke dasarnya. Pemandangan di sekitarnya memanjakan mata dengan area persawahan dan pepohonan yang rindang, membuat suasana asri nan sejuk.

Situ Tirta Marta tidak kalah menarik dengan Unggul Ponggok Klaten karena menyediakan spot asik untuk foto di dalam air. Properti yang di sediakan sepeda motor dan televisi. Selain itu pengelola juga menyewakan kamera untuk foto underwater. Bagi pengunjung yang ingin penambahan properti bisa memboking h-1 sebelum berkunjung.Pengunjung yang datang tidak hanya orang dewasa, anak anak pun bisa berenang di sana karena air dangkal.

4.Curug Tempuran

sumber:www.tokopedia.com

Tempat wisata Purbalingga selanjutnya ada Curug Tempuran kamu bisa menempuh parjalanan dalam kurang lebih 30 menit dari pusat kota. Toppers bisa menghabiskan waktu dengan berenang di sekitaran air terjun, namun disarankan agar tidak mendekati air terjun. Konon katanya, air terjun Curug Tempuran memiliki kedalaman yang cukup dalam. Sehingga tidak direkomendasikan bagi yang belum bisa berenang berada di bawah air terjun. Akan tetapi, jangan khawatir, pasalnya kamu bisa menikmati kesejukan dari lingkungan Curug Tempuran yang asri dan mengambil foto.

  • Alamat: Jl. Raya Binangun No.18, Pengalusan, Area Sawah & Hutan, Pengalusan, Kec. Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53352
  • Harga Tiket: Gratis

5.Sanggaluri Park Purbalingga

sumber:www.pegipegi.com

Sanggaluri Park Purbalingga, yang pada awal didirikannya bernama Taman Reptil, merupakan salah satu dari sekian banyak  tempat wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga

Jawa Tengah. Sesuai dengan namanya yang berarti “Tempat Belajar“, Sanggaluri Park ini telah menjadi Taman Bermain Anak sekaligus Wisata Edukatif bagi masyakarat Purbalingga.

Luas lahan yang digunakan oleh Sanggaluri Park tidak tanggung-tanggung, sekitar 3,5 hektar yang dibeli dari masyarakat oleh Pemerintah setempat. Pihak pengelola Sanggaluri Park masih satu pengelola dengan Waterpark terbesar di Purbalingga, yaitu Owabong (Objek Wisata Air Bojongsari).

Lokasi Sanggaluri Park Purbalingga

Lokasi Sanggaluri Park Purbalingga terletak di Jalan Bumi Perkemahan Munjuluhur, Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Dari Pusat Kota Purbalingga, jaraknya sekitar 7 km saja dan lokasinya juga tidak jauh dari Owabong, sekitar perjalanan 5-10 menit.

Rute Menuju Sanggaluri Park, dari arah Kota Purbalingga, dari Alun-alun Purbalingga jalan ke Arah Padamara. Lewat Saja SMA 1 Purbalingga, Karang Sentul. Lalu lurus lagi akan anda jumpai lampu merah. Dari Lampu merah, ambil jalan belok ke kanan.

Setelah itu jalan, akan ketemu lagi lampu merah lagi, ambil jalan belok ke kiri. Jalan lagi lurus terus sekitar 3km, maka akan anda jumpai Gerbang Masuk Sanggaluri Park di sebelah kanan jalan. Jangan khawatir, Gapura masuknya terlihat jelas dari jalan.

Jika tidak ketemu juga, jangan segan-segan untuk bertanya kepada warga sekitar ya. Malu bertanya sesat di jalan.
Harga Tiket Masuk Taman Sanggaluri Purbalingga

Harga tiket masuk Sanggaluri Park cukup murah, hanya Rp10.000,- saja di Weekday dan Rp12.000,- saat Weekend atau hari libur. (Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu).

Harga tiket masuk ini belum termasuk arena permaian anak. Untuk dapat menikmati arena permainan akan dikenakan tiket lagi yang tarifnya berbeda-beda.

Untuk masuk berbagai museum, taman reptil dan serangga, wahana iptek, dan beberapa wahana lainnya tidak dikenakan tiket tambahan.

Tempat Bermain Anak di Sanggaluri Park Purbalingga

Sanggaluri Park merupakan wahana wisata di Purbalingga yang perkembangannya pesat luar biasa, sama seperti “saudaranya“, Owabong. Sama-sama dikelola oleh pihak yang sama, dua-duanya sama-sama telah berkembang menjadi andalan wisata Kota Perwira.

Sanggaluri Park yang awalnya hanya berupa Taman Reptil kini telah menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat Purbalingga. Sebenarnya bukan hanya masyarakat Purbalingga, pendatang dari luar Kabupaten Purbalingga pun banyak juga yang berkunjung ke Taman Wisata di Purbalingga ini.

Saya sendiri terakhir kali berkunjung ke sini pada tahun 2015 lalu, tepatnya pada tanggal 20 September 2015.

Pertama kali sampai ke lokasi, anda akan disambut dengan Pintu masuk yang keren berupa patung semar raksasa. Sesampainya di dalam, anda akan disuguhi hamparan taman yang hijau dengan berbagai mainan anak yang cukup menarik.

6.Owabong waterpark purbalingga

sumber:www.rumah.com

Owabong adalah sebuah tempat wisata taman air yang sebenarnya merupakan singkatan dari Objek Wisata Air Bojongsari. Wisata taman air ini juga menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di daerah Purbalingga.

Menghabiskan waktu liburan di Purbalingga, tak lengkap rasanya jika belum datang ke Owabong. Nama Owabong sendiri merupakan singkatan dari Objek Wisata Air Bojongsari.

Lokasi waterpark dengan fasilitas lengkap ini terletak di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Tak hanya bisa berenang, banyak wahana yang tersedia sehingga objek wisata ini sangat cocok untuk seluruh keluarga.

Jam Buka dan Harga Tiket Owabong

Owabong dibuka untuk umum setiap hari yaitu mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Harga tiket masuk juga terjangkau yaitu mulai dari Rp 25.000 per orang di hari biasa serta Rp 35.000 per orang ketika weekend dan musim liburan. Harga tiket belum termasuk fasilitas berbayar dan parkir kendaraan. Meski begitu, tarif tersebut masih dapat berubah sesuai kebijakan pengelola.

Daya Tarik dan Fasilias di Owabong

Owabong masih menjadi daya tarik bagi wisatawan dari luar kota maupun warga sekitar karena memiliki wahana yang beragam dan fasilitas yang lengkap. Tak hanya kolam untuk berenang dengan standar internasional, terdapat juga kolam dengan berbagai permainan. Sebut saja kolam waterboom dengan seluncuran torpedo serta spiral, kolam coralia 3 dengan fasilitas panjat dinding, kolam segara yang dibuat menyerupai pantai dan berombak, kolam ember tumpah, kolam arus, kolam busa, hingga kolam air hangat dan terapi ikan. Selain itu ada juga sirkuit gokart, teater 4D, zipline coaster, rafting, dan anjungan dirgantara yang bisa dicoba. Semua keseruan ini juga didukung fasilitas seperti saung/gazebo, restoran, coffee shop, mushola, kamar ganti, ruang bilas, dan toilet yang bersih. Hal ini yang menjadikan Owabong selalu dipadati pengunjung pada musim liburan, baik dari Purbalingga maupun dari Kabupaten Banyumas.

7.Kampung Kurcaci

sumber gambar:travel.kompas.com

Gunung Slamet sekarang ini tak hanya dikenal sebagai “atap” Jawa Tengah semata. Selain untuk aktivitas pendakian, kini satu demi satu destinasi wisata mulai bermunculan di lerengnya. Salah satu obyek wisata yang ada di lereng Gunung Slamet adalah Kampung Kurcaci. Lokasi obyek wisata ini berada di lereng timur gunung setinggi 3.428 meter di atas permukaan laut tersebut yang termasuk ke wilayah Kabupaten Purbalingga.

Kampung Kurcaci terletak di Dusun Brobohan, Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja. Tempat wisata Purbalingga ini terletak di tengah hutan, alhasil suasananya adem dan bebas dari terik matahari. Di sana, wisatawan bisa berkunjung ke rumah hobbit atau rumah kurcaci untuk foto-foto. Ada juga spot rumah pohon yang bisa dikunjungi. Jika ingin melakukan kegiatan wisata selain foto-foto, pengunjung dapat coba baik flying fox atau high rope. Kampung Kurcaci buka setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB.

Satu pemikiran pada “wisata purbalingga”

Tinggalkan komentar