tempat wisata di malang

inilah destinasi wisata malang: Alam, kuliner, hingga pariwisata

Liburan ke daerah Jawa Timur akan terasa kurang jika tak mampir ke wilayah Malang Raya, yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

Wilayah ini dikenal sebagai kawasan yang memiliki banyak tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata buatan, spot selfie, hingga wahana bermain.

Wisatawan yang ingin menghabiskan waktu libur panjangnya di Malang Raya, bisa mencoba mampir ke sejumlah tempat wisata berikut.

wisata alam Malang

sumber:inews.id

berikut daftar wisata alam di malang:

1.Coban Rondo & Taman Labirin
tempat wisata di Malang
sumber gambar:blog.bookingtogo.com

Coban Rondo adalah air terjun yang menakjubkan dengan ketinggian sekitar 84 meter. Air terjun ini terletak di lereng Gunung Panderman dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun. Suara gemericik air yang jernih dan segarnya udara pegunungan akan membuat Anda merasa seperti berada di surga. Tidak hanya itu, di bawah air terjun, terdapat kolam yang memungkinkan Anda untuk bermain air dan bersantai.

Sementara itu, Taman Labirin adalah destinasi wisata yang sangat unik. Tempat wisata di malang ini memiliki desain labirin yang menarik dan menantang. Anda dapat menikmati perjalanan menantang yang memacu adrenalin di dalam labirin dengan berbagai rute yang berbeda-beda. Selain itu, di taman ini juga terdapat berbagai macam aktivitas seru seperti bermain ATV, Panahan, dan Flyng fox yang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Yang menarik dari kedua tempat ini adalah lokasinya yang berdekatan, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan alam Coban Rondo dan menikmati tantangan di dalam labirin Taman Labirin, serta aktivitas seru seperti bermain ATV, Panahan, dan Flyng fox di tempat ini

Jam Buka : 07.30, Jam Tutup : 17.00 Lokasi : Pujon Malang

 

2.Lembah Tumpang
tempat wisata di Malang
sumber gambar:www.terasinfo.id

Menawarkan konsep kerajaan Jawa zaman dahulu –lengkap dengan arca dan candi–, Lembah Tumpang kental dengan budaya Jawa yang dikelilingi suasana alami dan taman cantik yang tertata rapi. Selain tebing-tebing indah dengan aliran sumber air dan replika Candi Borobudur, Candi Sewu, serta Candi Gito, di Lembah Tumpang juga dilengkapi empat kolam renang  yang menarik. Di antaranya, Maheswara, Aurelia, Aryadita, dan The Hidden Paradise Pools yang bersumber dari mata air pegunungan.

ALAMAT: JALAN SLAMET GG. GUMUK AGUNG, GLANGGANG, SLAMET, KECAMATAN TUMPANG, 
MALANG
3.BudugAsu
tempat wisata di Malang
sumber:IDN TIMES

Wisata Budug Asu berada di urutan pertama yang bisa kamu kunjungi dalam waktu sehari jika berlibur di Malang. Wisata yang memiliki nama yang cukup unik ini, merupakan salah satu wisata yang sedang hits lho di Kota Malang. Wisata Budug Asu merupakan  wisata perbukitan yang letaknya berada di lereng Gunung Arjuna.

Namun jika ingin mengunjunginya, kamu harus membawa kendaraan pribadi, karena tidak ada akses untuk kendaraan umum di Budug Asu. Untuk menuju lokasinya, kamu harus menitipkan kendaraan pribadimu di Kebun Teh Wonosari, dan menuju lokasi Budug Asu dengan berjalan kaki. Membutuhkan sekitar waktu dua jam untuk bisa sampai di Budug Asu.

Meski cukup lama dan menguras energi, namun itu semua akan terbayarkan dengan keindahan alam yang bisa kamu nikmati selama perjalanan menuju Budug Asu. Selain itu, banyak kegiatan seru dan menguji adrenalin  yang bisa kamu lakukan saat sampai di lokasi Budug Asu, seperti rock climbing, canyoning di Tebing Sriti, hammock di atas ketinggian, dan masih banyak lagi.

Untuk harga tiket masuknya juga murah meriah lho, yaitu sekitar Rp15 ribu/orang. Lokasi Budug Asu berada di Kreweh, Gunungrejo, Singosari, Malang, Jawa Timur.

 

4. Wisata Candi Singosari
tempat wisata di Malang
sumber:orami

Jika di Magelang ada Candi Borobudur di Malang ada Candi Singosari.

Malang pada zaman dulu terkenal sebagai pusat peradaban Kerajaan Singosari atau Singhasari.

Candi yang ada di wilayah ini, ialah Candi Singosari, Candi Jago, Candi Kidal, Candi Sumberawan dan Candi Badut yang terletak di wilayah Karangbesuki.

Untuk bisa menikmati tempat wisata bersejarah ini, Moms bisa menyewa pemandu wisata.

Lokasi: Jl. Kertanegara, Candirenggo, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Harga tiket: Rp2.000 – Rp5.000 (harga bisa berubah)

Jam buka: 10.00-22.00 WIB

5.Cobanputri
tempat wisata di Malang
sumber:salsa wisata

Bagi yang suka dengan tempat wisata alam, tidak ada salahnya Anda berkunjung ke Coban Putri. Tempat ini juga merupakan salah satu destinasi wisata di Malang instagramable.

Di sini terdapat air terjun bertingkat yang tampak memesona. Kecantikan panorama di sekitar air terjun juga dapat memanjakan Anda yang ingin menyegarkan pikiran.

Untuk berkunjung ke tempat ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan biaya. Karena tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata Malang low budget.

Selain itu, tempatnya juga sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Bahkan sudah terdapat spot-spot foto yang unik.

wisata kuliner

tempat wisata di Malang
sumber:rumah.com

Sebagai tempat destinasi wisata kelas dunia, mengulik tempat buka puasa di Malang pastinya menjadi hal yang menarik. Berhawa sejuk dan banyak dikunjungi para pelancong, tentu saja Malang memiliki koleksi kuliner khas yang variatif dengan rasa yang nendang.

Momen kedatangan bulan Ramadan selalu disambut dengan suka cita. Beragam kegiatan sudah menanti untuk mengisi bulan puasa ini, salah satunya adalah buka bersama atau bukber.

Untuk mengakomodasi kegiatan bukber, tempat buka puasa di malang pun berlomba-lomba menyajikan yang terbaik. Mulai dari kelezatan hidangan, layanan yang memuaskan, hingga tempatnya yang nyaman

baca juga: adat istiadat indonesia

1.Bakso Duro Kepanjen
tempat wisata di Malang
sumber:pigijo.com

Malang terkenal dengan baksonya. Banyak ditemu
kan variasi dan inovasi makanan sejuta umat di
kota ini. Yang satu ini, beda lagi. Bakso Duro
namanya, yang berarti bakso khas Madura.

Terletak di Jl. Jl. Panglima Sudirman RT 03 RW 04, Ngadilangkung, rumah makan di Kepanjen ini memang milik orang Madura. Sehingga memasaknya juga sesuai resep khas Madura. Yang membedakan adalah kuahnya yang berwarna lebih coklat daripada bakso lain.

Rasanya pun unik, bisa jadi karena memasaknya masih menggunakan anglo atau kompor berbahan bakar arang. Pantas jika pembelinya tak pernah sepi.

Apalagi harganya terjangkau, di kisaran Rp. 15.000 sesuai dengan variasi isi. Adapun macam isinya mulai dari bakso campur, bakso tenis ukuran jumbo, dan gorengan. Semuanya terbukti lezat dan banyak digemari.

2.soto ayam lombok
tempat wisata di Malang
sumber:napaktilas.net

Siapa yang bisa menolak kelezatan soto ayam yang gurih dan hangat? Di Soto Ayam Lombok, kelezatan soto ayam ini dibawakan dengan nuansa khas yang berbeda. Tempat kuliner ini merupakan salah satu warisan kuliner Malang yang telah ada sejak tahun 1955. Tepatnya berlokasi di Jl. Lombok No.1, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, dan beroperasi setiap hari dari pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.

 

Menu andalan dari Soto Ayam Lombok tentu saja adalah Soto Ayamnya. Dengan waktu tunggu sekitar 10 menit, pesananmu akan tersaji di meja. Presentasi makanannya sederhana tapi mengundang selera, semangkuk soto dengan kuah kuning gurih, potongan ayam yang empuk, dan taburan seledri dan bawang goreng di atasnya. Rasanya, ah, gurih dan lezat dengan sentuhan rempah-rempah yang meresap sempurna dalam kuah dan ayamnya. Teksturnya pun sempurna, dengan ayam yang empuk dan kuah yang hangat dan gurih. Untuk harga, sangat terjangkau, cukup dengan Rp25.000,- kamu sudah bisa menikmati semangkuk soto ayam yang lezat ini.

Saat kami mencicipi soto ayam di tempat ini, atmosfer yang hangat dan ramah menyambut kami. Tidak ada yang lebih memuaskan daripada menikmati semangkuk soto ayam hangat di tempat yang nyaman. Walaupun tempat ini bisa menjadi cukup ramai, dan terkadang kamu harus berbagi meja dengan pengunjung lain, tapi hal ini justru menambah nuansa lokal yang khas.

pariwisata

tempat wisata di Malang
sumber:sindonews.com

 

MALANG – Destinasi wisata di Malang , Jawa Timur menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Kawasan yang terkenal dengan buah apel dan hawa dinginnya ini mempunyai begitu banyak keindahan yang bernilai wisata . Untuk itu, Malang dapat menjadi pilihan yang tepat untuk quality time bersama keluarga tercinta. Pasalnya, beragam objek wisata menarik semua ada di Malang, mulai dari wisata alam yang indah hingga wahana bermain anak.

1.Lembah Indah Malang
tempat wisata di Malang
sumber:malang.suara.com

Lembah Indah adalah obyek wisata yang menyajikan hamparan perkebunan di lembah pegunungan. Obyek wisata alam yang satu ini memiliki konsep resor edu. Pengunjung bisa melakukan wisata edukasi  di lembah yang satu ini. Selain itu, obyek wisata ini juga menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai.

Pengunjung akan disuguhi pemandangan lembah pegunungan yang asri. Pengunjung bisa menjelajahi kebun yang terdapat di dalam kawasan obyek wisata ini. Tak ketinggalan pula, ada berbagai macam tanaman yang bisa dikenalkan ke anak-anak. Sehingga, objek wisata lembah pegunungan ini cocok dikunjungi oleh semua usia.  Harga Tiket Masuk : Rp 20.000

2.Museum Angkut

tempat wisata di Malang
sumber:www.cermati.com

Boleh dibilang Malang memiliki destinasi wisata yang cukup lengkap, tak hanya menyajikan destinasi wisata alam dan kuliner saja yang terkenal. Hal tersebut didasarkan pada daya tarik sejarah yang dimiliki Malang dimana dulunya Malang adalah salah satu pusat peradaban semenjak zaman prasejarah. Tak heran jika di Kota Apel terdapat banyak museum yang dapat dikunjungi, salah satunya adalah Museum Angkut.

Museum ini cukup terkenal bagi banyak traveller di Indonesia dan berbagai usia. Museum dengan luas mencapai 3,8 hektare ini memiliki koleksi yang cukup lengkap. Sesuai dengan namanya koleksi museum ini adalah kendaraan dari berbagai era dan berbagai Negara.

Museum dengan luas mencapai 3,8 hektare ini memiliki koleksi sejumlah 300 kendaraan dan mengukuhkan museum ini sebagai museum terbesar di Asia Tenggara. Karena luasnya bangunan museum ini dibagi menjadi 8 zona pameran yang setiap zona nya memiliki karakteristik yang unik.

Zona tersebut diantaranya adalah Main Hall yang menyimpan koleksi kendaraan antik, zona Education Hall yang menyimpan koleksi sejarah transportasi. Zona selanjutnya adalah Euro Zone dimana zona ini menyimpan koleksi kendaraan yang berasal dari Eropa seperti Range Rover yang konon katanya pernah digunakan oleh Ratu Inggris, selain itu ada pula Pasar Apung yang merupakan replika dari pasar apung yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Museum ini terletak di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Kecamatan Batu, Kota Batu. Harga tiket yang wajib dibayar jika ingin menghabiskan waktu liburan di tempat ini yakni Rp 60.000 untuk hari biasa, dan Rp 80.000 untuk akhir

 

2 pemikiran pada “tempat wisata di malang”

Tinggalkan komentar