makanan daerah jawa timur

Tidak hanya budaya, semua daerah di Indonesia mempunyai kuliner khasnya masing-masing. seperti halnya, wilayah timur paling ujung Pulau Jawa yakni Provinsi Jawa Timur.

Mengutip buku Pengolahan Makanan Nusantara oleh Wahyuningsih, makanan khas Jawa Timur punya cita rasa yang cenderung gurih, asam, dan pedas karena biasanya ditambahkan terasi dan petis sebagai bumbunya.

Tak hanya itu, makanan khas Jawa Timur juga umumnya dimasak dengan cara dikukus, dibakar, dipepes, dan digoreng. Proses memasaknya dilakukan hingga makanan matang dengan sempurna.

10 Makanan Khas Jawa Timur yang Lezat nan Nikmat, Sudah Pernah Coba?

makanan daerah jawa timur
sumber gambar:www.indonesia.travel

Penasaran dengan makanan dari daerah timur paling ujung Pulau Jawa ini? Simak daftar makanan khas Jawa Timur di uraian berikut.

15 Makanan Khas Jawa Timur
Provinsi Jawa Timur punya bermacam-macam hidangan, mulai dari yang asam, gurih, hingga pedas. Berikut sejumlah makanan khas yang bisa dicoba saat berkunjung ke Jawa Timur:

1. Rawon
makanan daerah jawa timur
sumber gambar:www.masakapahariini.com

Ini dia makanan Jawa Timur yang punya ciri khas kuah hitam. Kuah hitamnya ini berasal dari buah keluak. Selain itu, ditambahkan pula bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, hingga kunir untuk menambah cita rasa kuah dari rawon ini.

Isian rawon sendiri umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil, dan direbus bersama rempah-rempah. Hidangan rawon ini semakin nikmat bila disantap dengan tambahan taoge pendek, daun bawang, kerupuk, sambal, dan nasi.

Baca juga: adat istiadat indonesia

2.Nasi Pecel Madiun
makanan daerah jawa timur
sumber gambar:www.masakapahariini.com

kalian khususnya orang jawa pasti sudah tak asing lagi dengan makanan Nasi Pecel Madiun. Tapi, apakah sudah pernah mencicipi kuliner ini di kota aslinya? Jika belum pernah, kalian bisa mendatangi kota madiun langsung

Saking tenar nasi pecelnya, Madiun sampai mendapatkan julukan Kota Pecel. Hampir tiap jalan di kota ini terdapat pedagang kuliner khas tersebut.

Cita rasanya yang khas dan autentik membuat kuliner satu ini sangat digemari para wisatawan yang datang ke kota ini. Rempeyek kacang, daun kenikir, dan petai cina adalah ciri khas dari nasi pecel khas Jawa Timur ini.

3.Soto Lamongan
makanan daerah jawa timur
sumber gambar:beritadiy.pikiran-rakyat.com

Soto Lamongan adalah soto ayam khas kabupaten Lamongan, Jawa Timur, yang saat ini telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Soto Lamongan dikenal sebagai salah satu soto paling gurih lantaran memiliki ciri khas taburan koya udang yang tidak dimiliki oleh soto lainnya.

Untuk alasan kepraktisan, pada umumnya daging pada soto ayam disajikan dengan cara disuwir (disobek kecil-kecil mengikuti serat daging). Namun pada soto Lamongan, daging ayam tersebut diiris tipis-tipis sebelum dicampur dengan bahan-bahan lain dan kuah berkaldu.

4.Lontong Balap
makanan daerah jawa timur
sumber gambar:www.detik.com

Lontong balap merupakan salah satu kuliner khas Surabaya. Setiap porsi lontong balap terdiri dari campuran lontong, tauge, tahu, lentho, dan petis dengan siraman kuah yang gurih. Biasanya, lontong balap dihidangkan dengan sate kerang sebagai pelengkap.

Jika sedang mencari sarapan pagi di Surabaya lontong balap bisa jadi salah satu pilihan terbaiknya.

Namun apabila sedang tidak di Surabaya tak harus kesana untuk menikmati lontong balap, karena kita bisa membuat sendiri di rumah. Selain bahan yang dibutuhkan bisa dengan mudah dicari, dan untuk cara membuat lontong balap tidak sulit kok, cukup dengan beberapa bahan.

5.Tahu Tek
makanan daerah jawa timur
sumber gambar:www.kompas.com
Surabaya memang surganya kuliner di kawasan Timur Jawa. Di sini ada beragam makanan legendaris yang mantap. Salah satu yang wajib dicicip adalah tahu tek.

Makanan ini disebut tahu tek karena dahulu penjualnya berkeliling menjajakan makanan sambil mengetuk ujung penggorengan. Suara tek-tek inilah yang menjadi awal terciptanya sebutan tahu tek. Mirip seperti nasi goreng dan mie tek-tek. Di Surabaya, tak sulit menemukan penjual tahu tek karena hampir tersebar di desa maupun di kota besar.

6.Rujak Cingur

makanan daerah jawa timur
sumber gambar:kilasjatim.com

Makanan khas kota Surabaya, Jawa Timur ini memiliki hal yang sangat membuat ketagihan, rujak cingur. Rujak Cingur berisi berbagai macam jenis sayuran dan buah. Sayuran dan buah tersebut ada krai, tauge, kangkung, nanas, kacang panjang, kedondong, dan sebagainya.

Di rujak cingur, krai, tauge, kangkung, nanas, kacang panjang, kedondong, dan sebagainya dicampurkan dengan tempe, tahu, lontong, hingga hidung sapi alias cingur.

Hidung sapi ini adalah salah satu bahan yang menjadi ciri khas dari rujak cingur. Penjual rujak cingur ini, biasanya mengolah bumbu kacang dan petis. Biasanya bumbunya akan disiapkan dalam satu cobek batu yang berukuran besar.

Nantinya, semua sayuran dan buah yang telah disiapkan dan dipotong akan dimasukan ke dalam cobek tersebut dan diaduk sampai rata.

7.Bebek Sinjay
makanan daerah jawa timur
sumber gambar:www.exploremadura.com

Makanan ini wajib Anda nikmati ketika mampir ke Bangkalan, Madura. Apa bedanya dengan olahan bebek lainnya? Bebek ini memiliki tekstur daging yang empuk dan tidak amis. Bebek ini akan semakin nikmat jika dimakan dengan nasi putih panas dan sambal mangga atau disebut dengan sambal pencit yang menjadi pendamping dari makanan ini.

Bebek sinjay merupakan panganan khas Bangkalan. Tidak hanya khas, hidangan ini juga fenomenal. Setiap hari, warung makan Bebek Sinjay yang terletak di Jalan Raya Tanjung, Kecamatan Burneh, selalu disesaki tak kurang dari 1.000 pembeli. Mayoritas berasal dari luar Kota Bangkalan.

8.Ayam Lodho

sumber gambar:cookpad.com
Ayam Lodho adalah makanan khas dari Tulungagung dan Trenggalek, Jawa Timur berupa ayam goreng atau bakar yang bersantan khas. Keunikan dari dari Ayam Lodho adalah santan kentalnya yang khas dipadu dengan rempah-rempah pilihan. Pada dasarnya Ayam Lodho juga merupakan daging ayam bakar atau panggang yang dimasak lagi dalam santan dengan bumbu mirip kari pedas. Biasanya memasak Ayam Lodho dengan menggunakan kayu bakar dan menggunakan api kecil sehingga kuah menjadi kental dan ayam menjadi lembut. Penamaan Ayam Lodho, dalam bahasa Jawa, lodho berarti empuk hingga dagingnya sangat lunak. Lodho juga bermakna makanan gurih dari santan yang sudah sangat kental. Bahasa Jawa yang paling mendekati untuk kekentalandan kekeringan santan ini adalah mblondho.

9.Gethuk Pisang Kediri

makanan daerah jawa timur
sumber gambar:merahputih.com

Salah satu makanan khas dari daerah Kediri, Jawa Timur. Berbeda dengan gethuk pada umumnya. Biasanya gethuk identik dengan singkong, ubi, atau sukun. Namun, gethuk ini memiliki bahan dasar dari pisang.

Biasanya gethuk pisang ini dibuat dari pisang raja nangka yang memiliki rasa yang unik dan khas. Pisang raja nangka ini memiliki rasa manis dan asam yang berbeda dengan pisang pada umumnya.

Pisang raja nangka ini juga memiliki keunikan pada tekstur buahnya. Pisang pada umumnya akan mengalami perubahan jika dimasak. 

Teksturnya akan lebih lembut dan mudah hancur. Lain hal dengan pisang raja nangka, teksturnya lebih keras dibandingkan dengan pisang biasanya. Sehingga, ketika diolah, pisang raja nangka akan tetap bagus dan tidak terlalu hancur.

Gethuk pisang ini adalah olahan pisang khas kota Kediri yang memiliki rasa yang manis dan sedikit asam, serta memiliki aroma yang sangat menggugah selera.

Makanan khas ini biasanya disajikan dalam bentuk yang mirip dengan lontong atau pepes yang menggunakan daun pisang dan lidi pada kedua bagian ujungnya. Adonan dari gethuk pisang ini akan dikukus selama kurang lebih tiga puluh menit sampai tekstur dari gethuk pisang ini mengeras.

Biasanya untuk menambah kenikmatan saat memakan gethuk pisang, sebagian orang akan menambahkan parutan kelapa di atas-nya untuk menambah kecantikan makanan dan memperkuat rasa kaya yang ada dalam gethuk pisang ini.

10.Nasi Krawu
makanan khas Jawa Timur
sumber gambar:www.kompas.com

Tak hanya bebek, pecel, dan soto, Jawa Timur juga memiliki makanan khas lainnya, yaitu nasi krawu. Nasi krawu ini terdiri dari potongan daging sapi yang sudah dibumbui dan disajikan dengan menggunakan serundeng serta sambal terasi.

Apakah kamu sudah tergiur membayangkan kesegaran dan kenikmatan nasi krawu?

Kata krawu dalam nama makanan ini memiliki arti masakan yang berasal dari krawu kelapa. Serundeng kelapa dan bumbu manggut yang ada dalam makanan khas ini memberikan makanan ini cita rasa yang sangat menyegarkan.

Lagi-lagi seperti makanan khas Jawa Timur pada umumnya. Nasi Krawu ini meskipun berasal dari Gresik, kamu bisa mencicipinya di luar daerah Gresik. Jika kamu berkunjung ke Surabaya, banyak sekali pedagang yang menjual makanan ini.

Makanan ini memiliki ciri yang sangat khas ketika disajikan. Nasi kruwe ini memiliki nasi yang sangat pulen dibalut dengan daun pisang. Nasi ini juga disajikan bersama beberapa lauk pendamping.

Beberapa lauk pendamping itu adalah daging sapi, jeroan, semur daging, sambal petis dan yang pastinya adalah serundeng. Rasa pedas yang unik dari makanan ini membuat kamu akan tergila-gila.

Banyak sekali yang menyebarkan informasi bahwa sebenarnya makanan nasi krawu ini bukan berasal dari daerah Gresik. Makanan ini aslinya berasal dari daerah Madura. Meski belum ada kepastian tentang kebenaran dari informasi ini.

Namun, banyak sekali masyarakat yang berasumsi bahwa nasi krawu ini adalah makanan khas madura yang pada mulanya dibawa oleh para pendatang dari Madura ke daerah Gresik. Para pendatang tersebut mencoba untuk menetap dan berjualan di Gresik.

Oleh karena itu, makanan ini berhasil dikenalkan kepada masyarakat luas dan mereka biasanya menyebut makanan ini berasal dari daerah Gresik itu. Dari situlah nasi krawu menjadi makanan khas Gresik.

Bagaimana nih kalau menurut kamu? Lalu, apakah kamu sudah pernah mencoba semua makanan khas jawa timur ini?

 

2 pemikiran pada “makanan daerah jawa timur”

Tinggalkan komentar