14 Inspirasi Contoh Desain Produk Makanan Kekinian

Inspirasi Contoh Desain Produk – Bagi para pelaku bisnis kuliner, contoh desain produk makanan tentu sangat penting sebagai panduan untuk memperkuat nilai jual produk.

Dalam industri kuliner, kemasan memiliki peran krusial dalam strategi branding yang pada akhirnya akan memengaruhi keputusan konsumen saat hendak membeli produk.

Saat berbelanja makanan, konsumen cenderung lebih tertarik pada produk makanan yang memiliki desain dan kemasan yang menarik.

Jadi, seperti apa desain yang efektif untuk meningkatkan daya tarik dan penjualan produk kuliner? Hal ini akan diuraikan secara menyeluruh dalam artikel ini, jadi mari simak hingga tuntas!

14 Inspirasi Contoh Desain Produk Makanan yang Menarik

Baiklah, tak perlu menunggu lebih lama, berikut adalah 22 inspirasi contoh desain produk makanan yang menarik dan menggoda selera:

1. Kemasan Kripik Buah Kering dengan Kesan Segar

contoh desain produk makanan

Desain kripik buah kering dengan konsep kesegaran dapat menarik perhatian konsumen dengan daya tarik visual yang kuat. Misalnya, pilih kemasan dengan gambar buah-buahan segar yang meyakinkan untuk memberikan kesan keaslian produk.

Selain itu, penggunaan warna cerah yang terinspirasi dari buah-buahan asli dapat menciptakan tampilan yang segar dan alami, menambah daya tarik produk tersebut.

Untuk meningkatkan pengalaman konsumen, gunakan kemasan transparan atau tambahkan jendela pada kemasan sehingga isi produk, kelezatan buah-buahan kering, dapat langsung terlihat oleh konsumen. Ini dapat menjadi cara efektif untuk merangsang selera konsumen sejak pandangan pertama.

2. Desain Kemasan Produk Mie Kekinian

contoh desain produk makanan

Dalam menentukan kemasan produk mie kekinian, penting untuk memilih kemasan yang praktis dan mudah dibuka.

Tampilkan gambar mie yang lezat dan bumbu yang kaya rasa di bagian depan kemasan untuk menarik perhatian konsumen. Gambar yang menggambarkan kelezatan produk dapat menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu, sertakan informasi produk dan identitas merek bisnis Anda di bagian samping kemasan. Ini membantu konsumen untuk memahami lebih banyak tentang produk dan membentuk kesan terhadap merek Anda.

Terakhir, gunakan warna cerah yang mencerminkan kelezatan dan kehangatan produk mie kekinian. Warna yang menarik dapat memperkuat kesan positif terhadap produk tersebut.

3. Contoh Desain Produk Makanan Ringan Konsep Vintage

contoh desain produk makanan

Konsep vintage atau retro dapat memberikan sentuhan klasik serta nostalgia pada kemasan produk makanan ringan.

Sebagai contoh, kemasan keripik kentang dengan gambar gaya retro atau tipografi yang klasik dapat menarik perhatian konsumen yang menyukai nuansa jajanan era 90-an.

Desain seperti ini juga mampu memberikan kesan bahwa produk tersebut memiliki kualitas rasa yang autentik dan orisinal.

Penting juga untuk mencatat bahwa konsep vintage akan memberikan nuansa yang menggoda selera jika dikemas dengan sentuhan warna cerah.

4. Desain Kemasan Teh dengan Motif Alam

contoh desain produk makanan

Produk teh, sebagai kategori produk yang berasal dari alam, seharusnya memiliki desain kemasan yang terlihat segar dan alami.

Dalam hal ini, Anda dapat mengaplikasikan motif kebun teh pada kemasan untuk menciptakan kesan tradisional dan lokal. Menampilkan nuansa hijau alami juga penting agar produk teh terlihat lebih sehat dan natural.

Desain dengan sentuhan kebun teh tidak hanya menciptakan hubungan dengan asal-usul produk, tetapi juga memberikan kesan bahwa teh tersebut dipetik dari lingkungan yang bersih dan alami.

5. Contoh Kemasan Makanan Tradisional dengan Motif Etnik

contoh desain produk makanan

 

Makanan tradisional menjadi penjaga kekayaan budaya kita. Karenanya, desain kemasannya perlu mencerminkan keindahan dan keaslian warisan tersebut dengan memilih motif etnik yang mencolok.

Sebagai contoh, kemasan dengan sentuhan motif batik, ukiran kayu, atau anyaman tradisional akan memberikan kesan autentik dan menonjolkan kualitas budaya pada produk makanan tradisional ini.

Tambahkan penggunaan warna-warna eksotis dengan aksen tradisional untuk menambah daya tarik visual, menciptakan kesan yang memukau, dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap keaslian dan kualitas tinggi dari produk tersebut.

6. Contoh Kemasan Cemilan Organik

Berikutnya adalah contoh desain produk kecantikan berbahan alami.

Untuk desain produk kecantikan alami, pertimbangkan penggunaan kemasan yang dapat didaur ulang untuk mendukung konsep ramah lingkungan.

Sertakan logo cruelty-free dan bahan-bahan organik yang digunakan dalam produk pada bagian depan kemasan.

Tambahkan informasi tentang kelebihan bahan alami, serta cara produk mendukung keberlanjutan dan tanggung jawab sosial di bagian belakang kemasan.

Gunakan palet warna yang lembut dan desain yang menekankan kecantikan alami produk Anda.

7. Inspirasi Desain Kemasan Mie Instan

contoh desain produk makanan

Makanan instan, khususnya mie, merupakan produk yang dikenal karena kepraktisannya dan kemudahan penyajiannya. Oleh karena itu, desain kemasannya sebaiknya memiliki tampilan realistis yang jelas memperlihatkan isi produk kepada konsumen.

Contohnya, kemasan mie instan dengan ilustrasi mie yang panjang dan menggiurkan, serta tambahan bumbu dan sayuran, dapat menciptakan daya tarik yang menggoda dan memberikan kesan autentik produk tersebut.

Pemilihan warna cerah dan menarik juga dapat meningkatkan daya tarik produk makanan instan, menarik perhatian konsumen di rak toko. Pastikan juga kemasan mudah dibuka, sehingga menambah kesan “praktis” pada produk ini, sesuai dengan karakteristik makanan instan yang cepat saji.

8. Desain Kemasan Sereal dengan Tampilan Simpel, Penuh Warna

22 Inspirasi Contoh Desain

Cereal menjadi salah satu opsi makanan favorit di kalangan berbagai usia, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Agar dapat menarik perhatian anak-anak, desain kemasan sereal umumnya perlu mencakup elemen-elemen yang lucu, seperti gambar hati atau karakter kartun yang dapat memberikan hiburan.

Pemanfaatan desain semacam itu mampu meningkatkan daya tarik visual kemasan sereal dan mengundang selera konsumen.

Selain itu, sebaiknya pilihlah warna kemasan yang cerah dan sesuai dengan variasi rasa, sehingga dapat menambah nilai jual produk di mata para konsumen.

9. Botol Minuman Kekinian dengan Desain Unik & Penuh Warna

contoh desain produk makanan

Desain yang unik pada botol minuman memiliki potensi untuk menjadi faktor pembeda di antara produk sejenis lainnya.

Botol yang memiliki bentuk menyerupai buah, binatang, atau bentuk geometris yang kreatif mampu menarik perhatian konsumen secara luas.

Sebagai contoh, botol minuman yang didesain mirip buah mangga dengan tutup yang menyerupai daun, atau jenis botol kemasan praktis dengan desain berwarna-warni.

Penggunaan kemasan seperti ini dapat menciptakan kesan yang menyenangkan dan merangsang minat konsumen untuk mencoba minuman tersebut.

10. Desain Kue Kering dengan Pola Modern

contoh desain produk makanan

Kue kering merupakan makanan ringan yang sering dinikmati pada acara khusus atau sebagai camilan.

Ketika merancang desain kemasan kue kering, pastikan untuk menggunakan kemasan yang transparan sehingga produk dapat terlihat dengan jelas.

Selanjutnya, ciptakan desain pola modern seperti motif geometris atau abstrak dengan sentuhan warna cerah untuk memberikan kesan yang segar dan menarik bagi konsumen.

Selain itu, tampilkan label, logo, dan informasi produk pada kemasan sebagai bagian dari strategi branding untuk membantu konsumen lebih mengenal produk Anda.

11. Desain Produk Ayam Goreng/Bakar Kekinian

contoh desain produk makanan

Untuk produk ayam goreng/bakar, kemasan kotak dengan warna yang mencerminkan cita rasa ayam yang lezat, seperti warna coklat, merah, atau kuning, dapat memberikan kesan yang menggoda.

Tampilkan gambar produk ayam goreng/bakar yang lezat dan menggugah selera di bagian depan kemasan untuk menarik perhatian konsumen secara langsung.

Sertakan informasi yang lengkap tentang bumbu dan rempah-rempah yang digunakan, serta cara pengolahan ayam di bagian belakang kemasan. Ini dapat memberikan keyakinan kepada konsumen mengenai kualitas dan keaslian rasa produk.

Terakhir, gunakan font atau jenis huruf yang klasik namun menarik perhatian untuk menunjukkan keaslian produk dan memberikan kesan profesional pada kemasan. Dengan kombinasi elemen-elemen ini, kemasan dapat menjadi daya tarik utama yang membedakan produk ayam goreng/bakar Anda di pasar.

12. Contoh Desain Produk Makanan Coklat Elegan

contoh desain produk makanan

Pada jenis makanan mewah seperti cokelat, desain kemasan yang elegan dapat menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan nilai jual produk.

Kemasan cokelat yang diberi sentuhan glossy, seperti lapisan laminasi yang mengkilap, mampu menciptakan kesan kemewahan dan kualitas premium.

Selain itu, pilihan warna gelap dan kombinasi material eksklusif juga dapat digunakan untuk meningkatkan daya tarik produk cokelat dan memberikan kesan yang mewah.

13. Kemasan Saus dengan Ilustrasi Buah-buahan Segar

contoh desain produk makanan

Saus merupakan produk yang sering menjadi pelengkap makanan.

Untuk meningkatkan daya tarik produk saus, Anda dapat menggunakan kemasan dengan ilustrasi buah-buahan segar untuk memberikan kesan yang sehat dan alami. Sebagai contoh, kemasan saus cabai dengan gambar buah cabai merah segar.

Desain kemasan seperti ini mampu menarik minat konsumen yang mengutamakan kualitas dan kesehatan makanan. Penting juga untuk menampilkan identitas merek dan informasi produk pada kemasan agar desainnya tidak hanya menarik tetapi juga informatif.

14. Contoh Desain Produk Makanan Roti dengan Sentuhan Elegan

contoh desain produk makanan

Roti merupakan produk makanan yang sering dikonsumsi pada sarapan atau sebagai camilan. Desain kemasan roti dengan sentuhan elegan dapat memberikan kesan produk yang berkualitas dan lezat.

Contohnya, kemasan roti dengan jenis huruf yang elegan dan ilustrasi biji gandum yang indah dapat menambah daya tarik visual serta menonjolkan aspek kualitas dan keaslian bahan baku.

Selain itu, menambahkan sentuhan emas yang mengkilap pada kemasan dapat secara efektif menarik perhatian konsumen dan meningkatkan persepsi nilai produk roti, menciptakan kesan mewah dan eksklusif yang dapat menonjol di rak toko.

 

 

Satu pemikiran pada “14 Inspirasi Contoh Desain Produk Makanan Kekinian”

Tinggalkan komentar